Busi (Spark Plug) ikut berbicara

Busi (Spark plug) berbicara banyak tentang bagaimana "optimalnya" dalam proses pembakaran. Secara visual, kondisi busi dapat dilihat keadaan fisiknya. Pembakaran yang sempurna, atau tidaknya busi akan menunjukkan:

Busi Normal
kondisi busi: agak cokelat atau abu-abu pembakaran menunjukkan bagus, kondisi mesin berjalan dengan benar dan pemilihan busi yang sesuai
 -----------------------------------------------------

Pembakaran tidak sempurna
kondisi busi: penumpukan jelaga hitam menunjukkan bahan bakar berlebihan / campuran udara kurang tepat atau sistem pengapian rusak. Jikapermasalahan sama setelah di tuneup, coba pasang busi satu kelas lebih tahan panas.
 ----------------------------------------------------

pembakaran berlebihan
kondisi busi: insulator putih melepuh atau elektroda mencair menunjukkan selama waktu pembakaran terlalu panas atau sistem pendingin rusak. Jika koreksi tidak terbukti efektif, coba ganti dengan busi type dingin.
 ----------------------------------------------------

Oli ikut terbakar
kondisi busi: penumpukan kerak putih memiliki akumulasi dari isi oli terlalu banyak di dalam ruang pembakaran atau dapat juga penggunaan oli kualitas rendah. 
 ---------------------------------------------------

Pengapian tidak maksimal
kondisi busi: basah, deposit karbon berminyak terjadi kebocoran listrik sepanjang  insulator, sehingga macet/mati salah satu busi. Penyebabnya mungkin mesin atau sistem pengapian rusak .
---------------------------------------------------

Busi Tua
kondisi busi: busi dipakai tidak hanya membuang bahan bakar tetapi juga membebani sistem pengapian secara keseluruhan karena kesenjangan yang meningkat membutuhkan tegangan yang lebih tinggi untuk memulai percikan. Kondisi ini juga dapat mempengaruhi polusi udara. Ganti busi baru.



Salam si Zebra

0 Response to "Busi (Spark Plug) ikut berbicara"

Post a Comment